Wujudkan UMKM Kreatif melalui Seminar Nasional

Seminar Nasional Ekonomi Kreatif dan Desain Grafis (Dok. Panitia)

Purwokerto, LPM SAKA - Seminar bertajuk “Strategi Visual Untuk Generasi Zillenial dalam Membangun Ekonomi Kreatif Guna Mendukung Digital Marketing” diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS ES) pada Senin, (9/9/2024). Bertempat di Auditorium Utama UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto acara ini mendapatkan antusiasme dari Mahasiswa dan masyarakat umum.


Diangkatnya tema tersebut dilatarbelakangi oleh ekonomi kreatif yang membutuhkan sistem berkemajuan dengan visual marketing sehingga menjadikannya sangat berpengaruh dalam ekonomi kreatif.


Menghadirkan dua narasumber yang sudah ahli di bidangnya, yaitu Bahrudin seorang Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda dan Romi Jabrand seorang Brand Activist.


Bahrudin selaku pembicara pertama dalam Seminar Nasional menuturkan bahwa ekonomi kreatif merupakan penciptaan nilai tambah berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia.


"Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, warisan budaya dan teknologi, dapat menciptakan ide untuk ekonomi kreatif." Tutur Bahrudin.


Sependapat dengan Bahrudin, Romi Jabrand selaku pembicara kedua menuturkan bahwa di era yang berkembang saat ini banyak persaingan yang berat. Oleh karena itu, kita  harus memiliki nilai atau value autentik dari diri kita dan brand kita sendiri sebagai pembeda yang besar. 


"Kita ngga bisa ikut-ikutan dengan yang sedang trending sekarang, harus ada autentik diri kita sendiri sebagai value autentik." Ujarnya. 


Alvina Dinda selaku Ketua Panitia Seminar, menjelaskan bahwa tujuan diadakan acara seminar ini untuk mewadahi mahasiswa dan para UMKM untuk mengkreatifkan ekonomi marketing. 


"Seminar di lingkup FEBI itu belum ada yang mengangkat terkait ekonomi kreatif dan visual marketing, jadi kami ingin mengangkat pembaharuan terkait seminar nasional agar pembahasannya tidak itu-itu saja." Ucap Alvina.


Alvina berharap dengan adanya seminar nasional ini para peserta benar-benar mendapatkan esensi dari ilmu yang dipaparkan oleh pemateri terkait  seminar nasional sehingga para peserta dapat mengimplementasikannya dengan mempromosikan hasil produk-produk yang dimiliki. 



Reporter: Khoerun Nisa, Widya Aqilla, Redita Suci

Penulis: Dita Dede Rahayu


Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post