Peresmian Kampus II UIN SAIZU di Purbalingga: Jembatani Masyarakat dalam Meraih Pendidikan Tinggi

Sambutan Rektor UIN Saizu, Prof. Dr. H. Ridwan, M. Ag. (Dok. LPM Saka)


Purwokerto, LPM SAKA-Mumpuni Handayayekti sebagai seorang pendakwah sekaligus alumni UIN Saizu turut hadir memeriahkan acara Grand Opening Kampus II di Purbalingga. Rangkaian acara disambut dengan antusias oleh para mahasiswa maupun masyarakat setempat  (6-7/9/2024). 


Beberapa persembahan dari mahasiswa ikut memeriahkan grand opening kampus II Purbalingga, diantaranya penampilan hadroh, ceramah, bernyanyi serta penampilan baca puisi.


Pembangunan Kampus II UIN Saizu di Purbalingga merupakan hibah lahan yang ditunjukkan untuk peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) karena kebanyakan masyarakat melanjutkan pendidikan di luar kota sehingga IPM tidak terjadi peningkatan secara signifikan. Hal ini disampaikan oleh Dyah Hayuning Pratiwi sebagai Bupati Purbalingga dalam sambutanya.


“Pembangunan kampus II UIN Saizu di Purbalingga diharapkan dapat mendorong laju ekonomi daerah serta bisa memberikan motivasi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan.” Tutur Bupati Purbalingga.


Ucapan terima kasih dihaturkan oleh Pemerintah daerah kabupaten atas kepercayaan dalam pembangunan kampus UIN Saizu di Purbalingga. 


Beliau mengatakan, Pemerintah daerah nantinya akan  memberikan beasiswa untuk masyarakat yang hendak melanjutkan pendidikan di UIN Saizu. Hal ini disampaikan sebagai upaya peningkatan minat masyarakat  untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


Prof. Dr. H. Ridwan, M. Ag selaku Rektor UIN Saizu dalam sambutannya mengatakan pembangunan kampus II berlangsung sejak tahun 2022 dan telah digunakan untuk aktivitas akademik sejak 2 September 2024. Tanah hibah dari pemerintah Kabupaten Purbalingga ini juga sebagai komitmen partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.


Kampus II Purbalingga merupakan Fakultas Dakwah dan Saintek yang membuka prodi Informatika, Arsitektur, Ilmu Lingkungan serta prodi Perpustakaan dan Sains Informasi. Karena setelah bertransformasi menjadi universitas, UIN Saizu diamanatkan untuk membuka prodi berbasis eksakta, lanjutnya.


“Kehadiran kampus II diharapkan memberikan banyak manfaat dalam hal pendidikan maupun ekonomi serta dapat menjadi alternatif pendidikan bagi masyarakat Purbalingga karena memiliki predikat unggul.” Ucap rektor UIN Saizu.


Ucapan terima kasih, permohonan maaf serta ajakan mengikuti rangkaian pembukaan juga disampaikan oleh Dr. Muskinul Fuad, M. Ag sebagai dekan Fakultas Dakwah dalam sambutanya di pembukaan kampus II Purbalingga.


Reporter: Jasmine Azzahra

Penulis: Nadia Naila Syifa

Editor: Syakira Alya Kamila

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post