Perdalam Dunia Jurnalistik, Kunjungan Media HMPS KPI Gandeng SCTV dan TRANS 7

Kunjungan Media yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) pada Selasa, 2/7/2024. (Dok. Panitia)

Purwokerto, LPM SAKA - Sejumlah Mahasiswa dan mahasiswi UIN SAIZU turut berpartisipasi dalam Kunjungan Media Eksternal ke TRANS 7 dan SCTV yang berlokasi di Jakarta, Selasa (2/7/2024). Acara tersebut diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) UIN SAIZU yang dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 2-3 Juli 2024 dan dibuka untuk mahasiswa umum.


Kunjungan Media bertujuan memberikan pengetahuan langsung kepada mahasiswa/i terkait proses dibalik layar mengenai program-program yang ada di televisi. Program kerja HMPS KPI ini mendapat sambutan hangat dari kedua stasiun televisi tersebut. 


Pada Kunjungan pertama di SCTV, rombongan mahasiswa/i UIN SAIZU diberikan wawasan mengenai SCTV. Meliputi cara memilah berita,  cara meningkatkan pemasaran televisi, room tour, siaran produksi serta berkunjung ke ruangan produksi. Selanjutnya, kunjungan kedua menuju stasiun televisi TRANS 7 dengan agenda kegiatannya yaitu pengenalan dan sharing session mengenai program yang ada di TRANS 7. Seperti bagaimana pengelolaan konten yang baik dan mengatasi program televisi supaya tetap eksis.


Kunjungan Media pada Stasiun Televisi TRANS 7 pada Selasa, 2/7/2024. (Dok. Panitia)

Ketua Pelaksana, Faiz Muhammad Kustiawan menyebutkan bahwa peserta menikmati Kunjungan Media kali ini. Walaupun sempat terdapat hambatan seperti adanya pembatasan jumlah peserta, namun dapat segera teratasi dengan baik. 


“Target awal 100 peserta, tapi karena adanya pembatasan jumlah peserta kunjungan, akhirnya kami menguranginya menjadi 45 peserta.” Tuturnya. Adanya kunjungan media ini, Faiz berharap peserta mendapat ilmu yang bermanfaat bagi masa depan nanti.


Amri Ul Khusna, selaku Ketua HMPS KPI menuturkan bahwa Kunjungan Media diikuti secara antusias oleh peserta. Adanya podcast bersama dengan RRI Purwokerto mengenai Kunjungan Media menjadikan meningkatnya minat peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kunjungan beberapa hari sebelum pelaksanaan.


Ia juga merasa bersyukur atas kegiatan yang sudah terlaksana dan berharap akan lebih baik lagi pada konsep kunjungan media di tahun berikutnya. “Program ini adalah program yang ekslusif berupa kunjungan ke media nasional, untuk panitia selanjutnya semangat selalu dengan konsep yang lebih matang.” Pungkas Amri.




Reporter: Nafisah Az Zahra

Penulis: Redita Suci

Editor: Syakira Alya

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post